22 Desember 2010

buat kencang ninja

Kawasaki Ninja. Mendengar namanya saja udah kebayang kekuatan nih motor. Sejak kemunculannya dan terus berjaya didunia balap liar dan resmi di tanah air, membuat nama Ninja makin berkibar. Jangankan untuk balap, untuk harian aja, tenaga nih motor dengan mesin standarnya udah sangat mumpuni. Tinggal seberapa berani penunggangnya menarik pedal gas sampai mentok.

type ninja

Ninja 150 dibagi menjadi tiga varian, yaitu : Ninja R atau S, ninja VR dan ninja RR atau KRR 150. KRR 150 atau lebih dikenal sebagai ninja RR 150 itu adalah versi Indonesianya. Versi Thailand adalah ZX 150.
Setelah November 2006, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tidak lagi memboyong ninja dari Thailand dan sudah CKD disini. Makanya jika Anda memperhatikan stiker RR dibuntut kiri-kanan agak beda warnanya, yang lama (CBU) warna gold dan yang baru merah putih.
Bedanya, yang stiker gold masih menggunakan blok mesin 1878 dan yang baru sudah menggunakan 1855 plus HSAS untuk varian ninja RR 150.

16 Desember 2010

squish

perbaiki super kips ninja

Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi & top-speed langsung drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

bore up legenda 100cc

Mendongkrak tenaga mesin Honda 100cc itu susah-susah gampang. penyebabnya, jarak keempat baut silinder terlalu dekat dengan liner atau boring. karena terlalu dekat, susah untuk dibore up gede-gedean, itu karena pilihan diameter piston pengganti jadi terbatas.
kalo enggak tahu cara mengakalinya, memang begitu. tanpa geser baut mesin, paling besar hanya bisa pakai piston 54-55 mm. itu pun, boring sudah tipis dan mesin jadi cepat panas.
untuk mengakali masalah ini, honda legenda dengan 100cc bisa adopsi piston honda Sonic dengan diameter piston 58 – 60mm.

15 Desember 2010

racing mesin

Untuk meningkatkan daya atau power mesin motor standart yang biasa disebut tune up, perlu diusahakan perubahan-perubahan pada beberapa hal :
1. Meningkatkan / menaikkan perbandingan kompresi.
2. Memperbaiki porting IN maupun EX supaya pemasukan bahan bakar menjadi lancar dan baik.
3. Merubah durasi, lift noken as
4. Mengubah pengapian (apabila dalam perlombaan diperbolehkan).
5. Mengubah rasio dengan Close Rasio.
6. Setting karburator.

14 Desember 2010

cara setting klep

Alat-alat
1.kunci klep 24 biasa ada 2 ujung, yg gede buat motor sport
2.kunci setelan klep
–>bentuknya L ujungnya ada lubang bentuk kotak tapi ada juga yg pake obeng min buat ngencengin / ngendorin setelan klep
3.kunci ring 10 (buat buka mur pengunci) setelan klep tergantung mur pengunci setelan klep nya pilih yg lekuknya agak dalem biar bisa masuk
4.Feeler Gauge / Puller <15-20rebuan>

setting pilot jet dan main jet

Biasanya kita nggak puas dengan setingan mesin, jika motor kita suah dikorekmaka main-jet dan pilot-jet karburator perlu diseting ulang.
Setingannya tergantung pada korekan motor masing-masing, yang penting bedakan rasa tarikan motor di mesin.

Lakukan penyetelan gas dan angin secara tepat. Jika motor dicoba digeber/gasfull terus tarikannya kurang maka setelan main jet kurang pas.

setting karburator standar

Meski kita bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik. Korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan pada mesin standart motor seperti papas KEM menjadikan kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbu sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” Tutur yang di sampaikan Ibe mekanik Bengkel BIM’S di kawasan Ps.Minggu-Jaksel.

Tips yang amat simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing motor beda. Kuncinya, rasakan saja dampak di mesin,” Imbuh Sang Mekanik
Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang dan harus di naikan angkanya.

setting karburator ideal

Seting Ideal
Tanda Basah


Mekanik umum maupun balap, paham betul sama suara ngoook yang muncul dari karburator. Jelas, karena itu tanda setingan spuyer masih terlalu basah. Artine lagi, itu tanda setingan karburator minta diatur ulang. Dengan harapan, kucuran bensin ideal dari gasingan rpm bawah sampai atas. Ngoook...!

Pemilik motor baru yang iseng ganti karbu gede juga mengalami itu. Terutama untuk yang belumbisa seting spuyer sendiri. Alhasil begitu grip gas dipelintir mendadak, bukan cuma mesin mau mati tapi juga muncul bunyi ngooo. Bahkan dari moncong karbu kerap muncul muntahan buih bensin

setting karburator

Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.

kata pengantar

14 desember 2010
setelah sekian lama ahirnya kesampaian juga buat blog.
sedikit terlambat nih 2010 ahir tahun baru punya blog,, dibantu sahabat q coba2 buat blog ini...... dari gmail dan step by step, bgitu dah masuk... duh masih binggung mau nulis apa nie???????????? liat dulu semua menu2 di dalam nyoba tulis dan hapus, liat2 blog tetangga biar ga asal COPAS....hehehhheheh maklum brow ga tau mau di isi apa ya... cari2 ide buat isi... tp ampe malam ga nemu2 juga..  ahirnya q pikir2 udah lah q isi aja dg apa yg pernah q baca dan q liat,,,, mungkin isi dari ini cuma sekedar COPAS tp buat q, ini q jadikan arsip pengetahuan, ,,,, yg pasti q jadikan cara belajar agar tau apa itu blog dan gimana cara buat blog... yang baik dan benar thxs